Cara Mudah Melatih Kucing

Siapa yang tak suka dengan kucing? Hewan peliharaan yang satu ini memang sangat digemari dan disukai oleh banyak orang, meskipun ada beberapa yang alergi dengan hewan ini.

Ada beragam jenis kucing yang bisa dipilih untuk dipelihara mulai dari kucing dengan serangkaian perawatan yang mahal, ada juga yang tidak. Anda hanya perlu memilih jenis kucing yang disukai dan sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing. Selain merawatnya, Anda juga perlu melatihnya dengan baik.

Mengapa Kucing Perlu Dilatih?

Mengapa? Ketika Anda tidak melatihnya sejak kecil, maka kucing tersebut akan berbuat seenaknya saja hingga sulit untuk melatihnya kembali. Ketika Anda ingin membeli atau mengadopsi seekor kucing, Anda bisa memilih kucing yang masih kecil atau masih bayi. Kenapa? Ketika Anda mengasuh kucing kecil, maka mereka lebih mudah dilatih dan diasuh.

Semakin dewasa usia mereka saat diadopsi, semakin susah untuk melatih mereka. Akan lebih baik lagi bila Anda mengadopsi kucing yang masih anak-anak agar bisa dilatih dengan baik.

Lalu, bagaimana cara melatih kucing agar bisa nurut?

Gunakan Bunyi-Bunyian

Anda bisa menggunakan bunyi-bunyian untuk memberhentikan kenakalan yang dilakukan oleh kucing tersebut. Sudah tidak asing lagi jika kucing memiliki naluri untuk menggaruk atau menggigit. Entah itu menggigit atau mencakar benda-benda sekitar ataupun pemiliknya.

Caranya? Ketika kucing Anda mulai mencakar atau menggigit sesuatu, Anda bisa menggunakan suara desisan atau tepuk tangan dengan suara yang keras. Telinga kucing akan peka terhadap suara meskipun itu hanya suara yang berdesis dan mereka akan berhenti sejenak.

Ketika mereka sudah berhenti melakukan aktivitas menggigit atau menggaruk kepada benda tersebut, Anda bisa mengingatkannya bahwa hal tersebut adalah salah. Anda bisa melatihnya setiap saat mereka melakukannya hingga mereka tidak melakukannya lagi. Anda harus bersabar ketika melatihnya karena tidak semua kucing dapat nurut dan mematuhi perintah para pertama kalinya.

Melatih Perilaku

Setiap orang memiliki kriteria masing-masing mengenai perilaku kucing. Ada yang tak keberatan jika furnitur yang digunakan dicakar-cakar oleh kucing dan ada yang merasa keberatan. Anda perlu tahu bahwa perilaku kucing untuk menggaruk furniture adalah nalurinya.

Ketika sedang berbicara soal naluri, Anda tidak bisa memarahinya begitu saja dan menyuruhnya untuk tidak melakukannya lagi. Yang perlu Anda perhatikan ialah bagaimana caranya mengatasi masalah ini.

Jika menyuruh mereka untuk berhenti melakukannya, maka itu adalah hal yang tidak mungkin. Untuk itu, Anda bisa menyediakan tiang garukan yang tersedia di toko online. Anda bisa membelikannya untuk mereka. Biasakan mereka untuk menggaruk kuku pada tiang yang sudah disediakan. Dengan begitu, furniture Anda akan aman dari garukkan hewan peliharaan.

Melatih Poop dan Pee di Bak Pasir

Kucing merupakan salah satu hewan yang suka membersihkan dirinya sendiri. Nalurinya itulah yang membuat mereka selalu mengubur sesuatu yang bau seperti poop ataupun pee mereka.

Untuk membiasakan mereka poop atau pee di tempat yang sudah disediakan, Anda bisa membeli pasir khusus untuk kucing dan ditempatkan dalam box. Pasir yang digunakanlah bukanlah pasir biasa. Untuk mendapatkannya Anda bisa membelinya di pet shop terdekat atau di toko yang menjual makanan dan perlengkapan hewan peliharaan lainnya.

Setelah mereka terbiasa poop atau pee disitu, Anda bisa membersihkannya secara rutin. Bagaimanapun juga, mereka tidak akan poop atau pee di tempat yang kotor. Itulah cara mudah melatih kucing agar tidak membuat pusing Anda.