Metode Basic Melatih Anjing

Ketika sedang memelihara anjing, bukankah Anda juga ingin memiliki hewan peliharaan yang nurut? Yaps, sudah menjadi hal yang lumrah bila Anda melatih anjing untuk melakukan suatu gerakan tertentu. Sebelum melatih mereka lebih jauh, Anda bisa melatihnya dengan beberapa latihan dasar terlebih dahulu.

Duduk dan Tinggal ( Sit and Stay)

Latihan dasar agar para anjing dapat nurut yaitu dengan melatih mereka untuk duduk dan tinggal. Apa pun bahasa yang digunakan, mereka akan mengerti dan mematuhinya. Jadi, meskipun pakai bahasa daerah sekalipun, mereka akan mengerti apa yang Anda maksud.

Cara melatih mereka untuk duduk dan tinggal dengan melatihnya secara rutin. Tentu saja, setiap mereka bisa melakukan sesuatu, Anda bisa memberinya hadiah berupa makanan kesukaan mereka.

Cara melatihnya, Anda bisa memegang makanan atau snack kesukaan mereka di tangan kiri. Lalu, Anda bisa mendekatkan tangan kiri Anda ke arah muka mereka untuk memberi tahu mereka bahwa ada makanan kesukaan mereka di tangan kiri Anda. Setelah itu, Anda bisa langsung memerintahkan mereka untuk duduk.

Namun, jangan langsung memberikan makanan untuk mereka. Anda bisa diamkan beberapa saat terlebih dahulu dan biarkan mereka menunggu sebentar. Setelah itu, baru Anda bisa memberikan hadiah berupa makanan favoritnya dan puji mereka.

Setelah itu, baru Anda bisa mengulang metode ini dengan durasi duduk 2 hingga 10 detik. Jika mereka sudah terbiasa, maka langkah selanjutnya yaitu dengan memberikan perintah tinggal.

Pertama, Anda harus menyuruhnya untuk duduk terlebih dahulu. Lalu, Anda bilang tinggal, dan coba untuk mundur perlahan-lahan, selangkah demi selangkah. Coba mundur satu langkah pertama, apakah mereka tetap diam atau tidak. Jika tidak, Anda bisa mengulangi perintahnya lagi, hingga benar-benar mereka dapat mengerti. Setelah mereka menuruti perintah Anda, jangan lupa untuk memberi hadiah kepada mereka.

Lakukan metode duduk dan tinggal ini dalam beberapa kali sehingga mereka benar-benar terbiasa dengan perintah yang Anda berikan.

Panggilan (Come)

Sudah tak asing bila banyak orang yang menamakan hewan peliharaannya masing-masing. Keuntungan dalam memberikan nama kepada mereka yaitu untuk memanggil mereka dengan mudah.

Tak sedikit orang yang agak kesulitan untuk memanggil hewan peliharaan masing-masing. Itulah mengapa Anda harus coba untuk melatihnya dengan memanggil nama mereka. Caranya? Mudah sekali!

Seperti biasanya, Anda harus menyiapkan makanan favorit mereka di salah satu tangan Anda. Pastikan mereka tahu bahwa Anda menggenggam makanan favorit mereka. Lalu, Anda bisa mengambil jarak beberapa langkah dan coba panggil nama mereka.

Jika mereka teralihkan fokusnya, Anda harus mengusahakannya untuk tetap fokus kepada Anda, bagaimanapun caranya. Coba panggil nama mereka berulang-ulang hingga mereka bisa memahami bahwa Anda sedang memanggil mereka. Anda bisa menggunakan gerakan tangan dan semacamnya untuk memastikan mereka bisa memahami perintah yang diberikan.

Jika mereka sudah mendatangi Anda, barulah Anda memberikan treat atau hadiah kepada mereka. Coba lakukan lagi berulang-ulang kali hingga mereka paham akan perintah tersebut. Setelah itu, baru Anda bisa mencoba jarak yang cukup jauh. Pastikan saja bahwa ketika memanggil mereka, mereka dapat mendengarnya dengan baik.

Heel

Setelah itu, Anda bisa melatih mereka dengan perintah heel. Perintah heel ini untuk memastikan bahwa mereka tetap berada disamping atau di belakang Anda saat sedang berjalan.

Yang perlu Anda ketahui ialah konsentrasi anjing akan cepat terganggu atau tidak fokus ketika sedang jalan-jalan. Mereka akan sibuk untuk mencari makan atau benda bergerak lain yang ada di sekitar mereka.

Untuk itu, perintah yang satu ini sangatlah diperlukan ketika Anda ingin mengajak mereka jalan-jalan agar mereka tidak berlarian kesana-kemari seenaknya saja. Caranya?

Mudah sekali! Jangan lupa untuk membawa treatnya saat latihan. Anda bisa menggunakan leash atau collar dengan jarak tali yang pendek. Usahakan agar mereka tetap berada disamping atau di belakang Anda. Sekali perhatian mereka terganggu, Anda bisa menghentikan pelatihannya sejenak. Berilah treat setiap saat mereka melangkah disamping atau di belakang Anda. Lakukan latihan ini berulang-ulang hingga mereka terbiasa berjalan disamping atau di belakang Anda. Itulah metode-metode dasar yang bisa Anda lakukan untuk melatih mereka.