Peran Enzim Dalam Metabolisme

Peran Enzim Dalam Metabolisme – Sebelum aku membahas tentang peran enzim dalam metabolisme sebaiknya anda harus tahu apa itu metabolisme. Metabolisme merupakan suatu reaksi kimia yang terjadi pada tubuh. Pada proses metabolisme akan terjadi perubahan senyawa kimia yang akan melibatkan biokatalisator yang membuat cepatnya laju metabolisme yaitu enzim.

Metabolisme juga bisa berlangsung tanpa adanya enzim, tetapi laju dari kecepatan metabolisme tersebut akan lambat dan membuat proses reaksi kimia akan berlangsung sangat lama. Untuk mengetahui peran enzim lebih lanjut sebaiknya anda membaca artikel ini sampai selesai.

Peran Enzim Dalam Metabolisme
Gambar Peran Enzim Dalam Metabolisme

Peran Enzim Dalam Metabolisme

Penemuan dari enzim ini telah dilakukan sekitar abad ke 18 awal yang merupakan hasil dari temuan terhadap proses fermentasi yang dilakukan oleh ragi. Pemahaman dari peranan enzim juga berlangsung di abaf 19. Para ahli telah menemukan bahwa enzim mempunyai fungsi dalam setiap metabolisme yang ada di dalam tubuh.

Temuan tersebut juga hanya ditemukan pada makhluk hidup uniseluler dan juga multiseluler. Enzim yang didapatkan juga dari organisme melalui proses sintesis protein. Aktifitas dari katalitik enzim masih bisa terjadi walaupun enzim sudah di ekstrak dari tubuh organisme tersebut.

Oleh karena itu enzim digunakan untuk membantu proses metabolisme non seluler. Untuk lebih jelasnya inilah beberapa Peran Enzim Dalam Metabolisme berikut perannya :

Baca Juga :  Kinetika Enzim

  1. Mempercepat suatu reaksi kimia tanpa ikut bereaksi

    Enzim terdiri dari struktur yag holoenzim yaitu enzim mempunyai struktur dengan kumpulan enzim penyususn utama dan non protein berfungsi untuk membedakan enzim dan bukan enzim. Keduanya merupakan gabungan dari enzim tersebut akan membantu tubuh dalam proses reaksi kimia namin enzim tidak ikut bereaksi.Metabolisme sendiri akan terbentuk saat melibatkan 2 gabungan enzim ini. Proses metabolisme dengan memakai enzim akan lebih cepat dibandingkan tidak dengan enzim.

    Itulah peranan enzim sangatlah penting untuk pembentukan metabolisme di tubuh manusia, Saat metabolisme menggunakan enzim, substrat akan berikatan dulu dengan enzim. Lalu enzim akan mengubah substrat tersebut menjadi produk yang akan di ikat oleh tubuh.

    Lalu produk yang diinginkan sudah jadi, substrat akan kembali menjadi bentuk sebelumnya, sehingga produktidak bisa terkontaminasi dari unsur enzim. Semakin banyaknya enzim yang dipunyai semakin cepat juga metabolisme yang ada di tubuh. Jadi tubuh akan bisa mendapatkan energi lebih cepat dan bisa menjalankan aktifitas lebih maksimal.

  2. Enzim Hanya Akan Mengikat Substrat di Sisi Aktifnya

    Kelebihan dari enzim yang ada di tubuh kita adalah bisa membedakan beberapa jenis enzim lainnya, walaupun enzim yang ada di tubuh kita mempunyai jumlah yang mencapai ribuan. Dengan kehebatannya tersebut enzim bisa membuat enzim tidak terjadi kesalahan dalam reaksi. 

    Enzim akan mengikat sisi aktif dari enzim sehigga tidak perlu khawatir akan terjadi suatu reaksi yang diakibatkan enzim lain. Proses tersebut merupakan kehebatan dari proses kimia yang ada di tubuh kita. Seperti contoh metabolisme amilum yang hanya di ikat oleh enzim amilase walaupun banyak enzim yang lain.

  3. Menurunkan energi dari aktifasi

    Fungsi dari enzim pada metabolisme tubuh selanjutnya adalah untuk menurunkan energi aktifasi. Saat tubuh melaukan metabolisme, dan melakukan proses tersebut maka akan mengurangi energi. Enzim sangat bereran penting di prosess ini untuk menurunkan energi aktifasi.

    Saat energi turun maka metabolisme berjalan lebih baik dan juga lebih cepat. Satat itulah enzim pada proses menurunkan energi agar metabolisme bisa bekerja lebih maksimal. Enzim bekerja untuk membantu tubuh mengehemat energi. Seperti contohnya kita memindahkan sebuah air, saat memindahkan air memakai ember maka akan lebih cepat dibandingkan dengan tangan.

    Ember pada perumpamaan tadi di ibaratkan sebagai sebuah enzim, oleh karena itu semakin banyak enzim bekerja, maka semakin cepat juga proses metabolisme pada tubuh. Peran enzim di dalam metabolisme adalah untuk menghemat energi.

  4. Bisa Digunakan Berkali-kali

    Untuk maksud dari peran ini adalah enzim yang sudah bekerja saat melakukan proses metabolisme maka akan kembali ke bentuk semula. Untuk peran lainnya dari enzim bsa diketahui selanjutnya. Enzim yang sudah membantu proses kimiawi bisa kembali ke semula.

    Lali enizm akan melakukan proses lagi pada metabolisme tubuh. Jadi, enzim mempunuyai peran yang lama bagi tubuh. Apakah enzim yang sudah dipake berulang – ulang bisa mati? hal itu bisa terjadi bila enzim rusak ketika adanya perubahan suhu.

    Saat seseorang ada di tempat yang berbeda, maka akan mengganggu kelangsungan hidup ataupun merusak enzimdan metabolisme tubuh juga akan terganggu.

  5. Mendapatkan Suatu Produk yang Diinginkan

    Walaupun enzim yang ada di tubuh mempunyai jumlah ribuan namun banyak enzim yang tidak tertukar. Peran enzim pada tubuh kita bisa dibilang sudah aman, Enzim juga akan mendapatkan suatu produk yang diinginkan dan bisa mendapatkan substrat yang tepat.

    Seperti contoh pada proses pemecahan amilum bisa mendapatkan produk glukosa. Enzim yang akan bekerja pada pemecahan tersebut tidak akan tertukar dengan enzim lainnya.

  6. Menjaga Kekebalan Tubuh Kita

    Terdapat ribuan enzim pada tubuh kita untuk membantu proses kimiawi yang bisa membuat tubuh kita tetap bertahan. Semua proses yang mempunyai enzim – enzim yang berbeda. Saat pembentukan zat kimiawi, terdapatnya enzim berperan sangat penting untuk proses kimiawi yang maksimal.

    Proses kimiawi pada dalam tubuhlah yang membuat tubuh mampu mengahasilkan sebuah energi. Metabolisme itulah yang bisa membuat tubuh terhindar dari penyakit dan juga bertahan dari penyakit. Peran yang sangat penting dari enzim ini bisa membantu tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari virus penyakit.

    Saat enzim menjadi rusak, maka saat itulah tubuh kemungkinan akan menderita dan akan cepat terkena virus ataupun bakteri yang dibawa dari luar. Lalu penderita juga akan sakit dan bisa juga mengidap suatu penyakit tertentu.

  7. Mempercepat Suatu Proses Metabolisme

    Proses metabolisme yang ada di tubuh akan terjadi terus – menerus. Proses metabolisme juga akan semakin cepat saat berlangsung. Hal tersebut akan membuat tubuh kita semakin baik untuk menghasilkan energi. Biasanya energi yang diperlukan semua orang setiap waktu jadi pembentukan suatu energi di tubuh juga harus cepat.

    Itulah mengapada pada peran enzim ini sanagt penting untuk pembentukan energi. Semakin banyak sebuah enzim bekerja maka proses metabolisme juga akan cepat dan tubuh akan semakin cepat dalam menghasilkan energi.

  8. Melindungi Tubuh

    Sesuatu yang akan masuk dalam tubuh kita itu belum tentu bersih termasuk makanan. Walaupun dalam kandungan makanan tersebut mempunyai zat gizi yang baik namun masih saja ada racun di dalamnya. Racun itu akan masuk ke tubuh bersama dengan pencernaan makanan.

    Tetapi jika ada enzim di tubuh, racun bisa terbuang melalui kulit, feses, ataupun air kencing. Enzim yang menghasilkan protein dan protein tersebut akan menyerap racun – racun tersebut. Racun akan ke ginjal dan dibuang melalui air kencing. Jadi itulah peran enzim di dalam tubuh

Baca Juga :  Jenis-Jenis Tumbuhan Paku

Itulah tadi penjelasan tentang peran enzim dalam metabolisme di dalam tubuh. Semoga artikel ini bisa memudahkan kamu mempelajari biologi dan juga tentang enzim. Bagikan juga kepada teman kamu yang sedang kesulitan tentang pelajaran enzim ini. Sekian Terima Kasih.

Leave a Comment