Struktur Membran Plasma

Struktur Membran Plasma – Membran plasma ini merupakan bagian dari sel yang membatasi bagian sel yang ada di dalam dengan lingkungan di sekitarnya. Membran plasma ini bisa di temui di semua sel. Namun membran sel ini hanya berbeda letaknya pada sel hewan dan tumbuhan, untuk sel hewan membran sel berada pada bagian terluar sel namun di sel tumbuhan membran sel ada di dinding sel.

Struktur membran plasma ini mempunyai sifat selektif permeabel atau dalam artian membran sel ini akan menyeleksi molekul – molekul apa saja yang boleh masuk ke sel. Adapun molekul yang mudah untuk masuk ke dalam sel namun ada yang harus melewati molekul transport atau bahkan tidak bisa melewati membran sel ini. Transportasi molekul ini sendiri dibagi menjadi 2 yaitu transportasi aktif dan transportasi pasif, perbedaannya untuk transportasi aktif menggunakan energi dan transportasi pasif tidak menggunakan energi.

Struktur Membran Plasma
Gambar Struktur Membran Plasma

Struktur Membran Plasma

Struktur dari membran plasma ini sama pada semua jenis sel. Seperti yang saya sudah berikan pada gambar diatas yang merupakan gambaran struktur dari membran plasma pada sel. Membran plasma sendiri tersusun oleh fosfolipid bilayer yakni dua lapisan lemak yang saling berikatan dengan fosfat. Fosfolipid sendiri merupakan molekul yang sama dengan ekor dan kepala.

Untuk bagian ekor dari molekul fosfolipid ini adalah lemak dan untuk bagian kepalanya adalah molekul fosfat. Kepala fosfat dari fosfolipid ini mempunyai sifat hidrofobik atau tidak suka air oleh karena itu letaknya berada di tengah. Fosfolipid bilayer merupakan susunan utama dari struktur membran plasma ini, namun bukan hanya fosfolipid saja tetapi masih ada bagian – bagian lain yang membantu kerja membran plasma. Inilah bagian-bagian tersebut :

  1. Protein Membran

    Protein membran ini merupakan protein yang berada pada membran plasma. Walaupun susunan utama dari membran plasma ini adalah fosfolipid, namun jika protein dan fosfolipid ini digabungkan akan lebih dari 50% berat membran plasma tersebut. Hal tersebut terjadi karena struktur dari protein sebenarnya lebih berat dibandingkan lemak.Protein dari membran plasma ini di bagi menjadi 2 yaitu protein perifer dan protein integral. Protein integral sendiri pada dasarnya protein yang menembus dua lapis fosfolipid. Sedangkan untuk protein perifer merupakan protein yang tidak menembus dua lapisan fosfolipid.

    Protein integral mempunyai fungsi dalam transpor molekul keluar dan masuk. Protein integral sendiri akan berfungsi sebagai saluran yang dapat di lewati oleh beberapa molekul. Sedangkan fungsi dari protein perifer sendiri adalah menjadi hormon atau enzim yang menempel sementara pada membran sel untuk mengatur kerja dari sel tersebut.

  2. Glikolipid dan Glikoprotein

    Glikolipid ini merupakan sebuah molekul karbohidrat yang menempel pada lemak, sedangkan untuk glikoprotein merupakan molekul karbohidrat yang menempel pada protein. Kedua molekul ini mempunyai fungsi sebagai tanda pengenal untuk sel. Karena pada setiap manusia mempunyai kedua molekul ini yang berbeda.Glikolipid dan glikoprotein ini juga sebagai antibodi pada badan kita karena kedua molekul ini akan mendeteksi sel asing yang akan mencoba masuk kedalam tubuh kita. Namun untuk glikolipid hanya ada pada sel hewan saja.

  3. Kolesterol

    Kolesterol ini berada pada membran plasma tepatnya diantara molekul fosfolipid dengan bagian hidroxil yang mempunyai sifat polar akan berada di dekat kepala fosfolipid. Kolesterol ini juga mempunyai fungsi yang sangat penting karena saat dalam kondisi panas kolesterol akan mengontrol fosfolipid agar tidak terlalu banyak bergerak yang dimana akan menyebabkan fosfolipid menjadi lebih cair.Namun saat suhu sedang dingin kolesterol akan bekerja dengan menghambat interaksi antar lemak sehingga menjaga membran dari beku dan juga mempertahankan struktur membran agar tetap cair. Kolestrol hanya ada di sel hewan. Jadi untuk sel tumbuhan digantikan oleh sterol.

  4. Sitoskleton

    Sitiskleton ini sebenarnya adalah tulang sel yang gunanya untuk mempertahankan bentuk sel dan posisi dari organel. Sitoskleton juga mempunyai 2 macam yaitu mikrotubulus dan mikrofilamen, organel ini juga bukan bagian langsung dari membran sel. Tetapi organel ini mempunyai ikatan dengan bagian dasar protein integral. Dengan mengikat protein integral pada berbagai tempat. sitoskleton akan mempertahankan bentuk dari sel agar tidak berubah menjadi ekstrim.

  5. Fungsi Membran Plasma

    Membran plasma ini mempunyai peran yang sangat penting karena membran sel ini hampir ada pada seluruh bagian sel dan fungsi dari membran sel ini sendiri adalah untuk perlindungan secara mekanik. Perlindungan mekanis pada sel ini akan terlihat jelas pada sel hewan karena membran sel akan membungkus sel hewan tersebut.

    Pada sel tumbuhan tidak ada membran sel untuk melindungi sel namun pada sel tumbuhan terdapat dinding sel yang kuat dan juga keras. Fungsi lain dari membran sel adalah untuk transportasi keluar masuknya molekul. Fungsi ini sangat penting untuk kebutuhan dari membran sel yaitu membuang sampah sisa dari metabolisme sel dan untuk kebutuhan nutrisi.

    Transpor molekul dari membran sel ini di bagi menjadi 2 yaitu transpor molekul pasif dan transpor molekul aktif, untuk membedakan transpor molekul pasif dan aktif adalah jika transpor molekul aktif menggunakan energi dan jika transpor energi pasif tidak menggunakan energi.

    Molekul – molekul besar juga bisa jenis-jenis sel tertentu secara endositosis. Cara endositosis ini adalah dengan menelan molekul tersebut dengan melingkupi molekul yang akan di telan dengan membran sel. Endositosis sendiri dibagi menjadi 2 yaitu pinositosis atau menelan molekul berbentuk cair dan fagositosis menelan molekul berbentuk padat. Untuk mengeluarkan molekul – molekul besar dinamakan dengan eksositosis.

Baca Juga :  Kinetika Enzim

Sebenarnya bukan hanya endisitosis dan eksositosis saja yang bisa dilakukan membran sel namun difusi, osmosis, dan transpor aktif merupakan mekanisme memasukan yang sama seperti endisitosis dan eksositosis. Hal ini terjadi karena sel mempunyai membran sel yang melakukan tugas tersebut.

Itulah penjelasan secara lengkap tentang struktur dan fungsi membran sel yang dimana materi ini termasuk dalam pelajaran biologi. Semoga kamu bisa memahami artikel ini dengan mudah dan anda bisa mengerjakan soal – soal tentang struktur dan fungsi membran sel. Kamu juga bisa membagikan artikel ini ke teman – teman anda yang sedang kesusahan dalam menyelesaikan materi soal seperti membran sel ini. Sekian Terima Kasih

Leave a Comment